Google+ Followers

Selasa, 18 September 2012

15 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup


Masalah paling umum yang terjadi yaitu Komputer tidak mau hidup yang sebenarnya daya telah masuk namun Monitor tidak menampilkan apapun. Lampu pada komputer terlihat dan Kipas terdengar bekerja di dalam tetapi sama sekali tak ada yang di tampilkan di layar Monitor.

Beberapa masalah yang mungkin terjadi pada komputer anda akan di ulas di bawah ini. Sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui apa penyebab komputer tidak mau hidup. Di bawah ini Tips 15 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup ikuti langkah-langkah:


1.      Periksa monitor anda sebelum anda mengatasi masalah yang lain. Pastikan Monitor telah bekerja dengan baik tanpa ada kerusakan. Walaupun terlihat sepele namun ini bisa saja terjadi, dimana komputer anda bekerja dengan baik tapi monitor adalah penyebab dari masalahnya.
2.      Pastikan bahwa PC telah tersambung ke sumber daya listrik dengan benar. Hal yang sering terjadi yaitu kesalah pahaman anda yang mungkin saja dilakukan, men-Standby atau Hibernate Monitor anda pada mode daya di Windows.


Catatan: Anda bisa mematikan PC anda benar-benar sementara dalam modus hemat daya dengan menahan tombol power selama 3 sampai 5 detik. Setelah power benar-benar off, nyalakan PC anda dan tes untuk melihat apakah ia akan boot normal.
3.      Penyebab kode Beep, merupakan suatu keberuntukan buat anda mendapatkan kode beep karena akan memberi anda input yang tepat  dimana penyebab komputer anda mati dari kode beep tersebut. Jika anda masih belum bisa menyelesaikan masalah dengan kode beep di atas, anda masih bisa melanjutkan langkah-langkah dibawah ini.
4.    Clear CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard Komputer anda akan mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC anda tidak bisa Start up.


Penting: Apabila dengan cara mengclear CMOS tidak bisa mengatasi masalah anda, pastikan setiap perubahan yang Anda buat dalam BIOS diselesaikan satu per satusehingga jika kembali mendapatkan masalah, Anda akan tahu dimana perubahan yang menyebabkan masalah komputer anda.
5.      Pastikan bahwa saklar catu daya tegangan telah diatur dengan benar. Jika tegangan masukan catu daya tidak  benar (berdasarkan tegangan yang dibutuhkan) maka komputer anda tidak dapat dihidupkan sepenuhnya.
Ada kemungkinan bahwa PC anda tidak akan menyala sama sekali jika listrik tidak memenuhi standard tegangan yang dibutuhkan, tapi tegangan listrik yang tidak benar memasokan daya juga dapat menyebabkan komputer anda tidak dapat di hidupkan.
6.      Segala sesuatu yang ada di dalam PC anda pasanglah kembali. Seting ulang mungkin bisa membangun berbagai koneksi di dalam komputer.


Coba instal ulang perangkat kersa anda dengan cara berikut ini dan kemudian lihat apakah komputer anda mulai menampilkan sesuatu dilayar:


-          Pasang kembali semua kabel data internal dan kabel listrik


-          Pasang kembali modul memori


-          Pasang kembali semua kartu ekspansi
7.      Ulang pemasangan CPU hanya jika anda menduga bahwa mungkin CPU tersebut longgar atau mungkin belum diinstal dengan benar.
8.      Periksa penyebab arus singkat listrik di dalam komputer Anda. Hal ini sering menyebabkan masalah ketika power komputer di off dengan sendirinya karena arus singkat dapat menjadi penyebab komputer anda tidak dapat dihidupkan.
9.      Uji power supply anda. PSU cenderung menyebabkan lebih banyak masalah dari pada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidup.


Ganti power suppy anda segera jika gagal di setiap langkah yang anda lakukan.
10.  Hidupkan komputer anda dengan perangkat keras penting saja. Cara ini bertujuan untuk melepaskan perangkat keras sebanyak mungkin dan tetap mempertahankan kemampuan PC anda untuk mendapatkan daya.


Jika komputer anda mulai normal dengan hanya hardware penting yang terpasang. Lanjutkan ke Langkah 11. Apa bila monitor belum menampilkan apapun lankut ke Langkah 12.


Catatan: Langkah ini sangat mudah bagi pemula untuk menyelesaikannya, tidak membutuhkan peralatan khusus.
11.  Instal ulang setiap bagian dari perangkat keras yang anda lepaskan pada Langkah 10, satu per satu dan hidupkan komputer anda.


Karena komputer anda dinyalakan hanya dengan perangkat keras penting, komponen-komponen seharusnya bekerja dengan baik. Dengan begini, anda akan mengetahui harware yang menyebabkan komputer anda mati.
12.  Uji hardware komputer anda dengan menggunakan kartu Power On Self Test. Jika PC anda masih tidak menampilkan informasi di Monitor anda hanya dengan memasangkan perangkat keras yang penting saja, kartu POST akan membantu mengidentifikasikan hardware yang menyebabkan kompuer anda tidak dapat digunakan.
13.  Ganti tiap bagian dari perangkat keras penting di komputer anda dengan komponen cadangan komputer yang identik atau yang sama dengan hardware yang terpasang pada PC anda. Uji setiap penggantian Hardware untuk menentukan komponen yang rusak.


Catatan: Pengguna komputer rata-rata tidak memiliki komponen cadangan. Saran saya kembali ke langkah 12. Membeli kartu POST lebih murah dari pada membeli komponen komputer untuk cadangan.
14.  Akhirnya, jika semua itu gagal, berarti kerusakan terdapat pada motherboard komputer anda. Kemungkinan besar adalah karena Chipset anda yang rusak ataupun sudah tidak bekerja yang menyebabkan komputer anda tidak bekerja.
15.  Paling akhir, dapat disimpulkan komputer anda Rusak. Haruslah kita sadari tiada benda buatan manusia yang kekal. Manusia juga dapat meninggal walaupun sudah ditangani oleh para Dokter Ahli.
Sekian semoga bermanfaat...

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

,